Laptop Sekarang Kok Lemot?

haaa...korban berikutnya

haaa...korban berikutnya

Sebagian besar vendor laptop sudah mempersenjatai produknya dengan platform intel core duo (dual core) dengan kode-kode yang bagi orang awam barangkali tidak diperdulikan, yang jadi perhatian utama hanya logo dollarnya, dan berapa angsuran perbulannya.


Apakah laptop-laptop dengan banderol 5 juta hingga 6 jutaan itu reliable? nah ini yang perlu kita bahas. Setelah menghadapi berbagai kasus, saya memperhatikan beberapa kelemahan yang sangat mengkhawatirkan pada berbagai komponen diluar platform intel yang jadi senjata ampuh para vendor laptop. Tempo hari saya menerima laptop teman yang baru dibeli, tapi pada layar LCD terdapat bintik kecil putih (death pixel), berbagai kasus ada juga yang tuts keyboardnya nongol keluar dari bay, atau landasan keyboardnya yang goyang,  baterenya yang cuma tahan kurang dari satu jam, webcamnya yang gelap gulita, Drive optik (CD-ROM) yang lemot atau keluar ketika cd masih berputar didalam dan masih banyak lagi. Selain itu dukungan software vital seperti driver yang kurang kompatibel menyebabkan beberapa fitur tidak bisa difungsikan. Belum lagi kalo kita mencoba menjalankan aplikasi seperti grafis dan multimedia, ini yang paling membuat kecewa. Laptop-laptop tersebut kelihatannya hanya dirancang khusus untuk mengetik data atau berselancar internet (dengan catatan situs yang tidak banyak memainkan file multimedia). Selain itu tidak ada jaminan/belum terbukti kalau dalam jangka panjang (diatas 1 tahun masa garansi) komponen-komponen laptop tersebut tetap berjalan lancar.

Ketika dilakukan perbandingan dengan laptop keluaran lama, (dengan harga yang kurang lebih sama karena sudah terhitung second hand) tapi dengan platform seperti intel centrino sonoma atau dothan, performanya jauh ketinggalan, alias lemot untuk laptop keluaran baru. Jadi kesimpulannya, jangan mudah tergoda dengan bodi mulus/harga murah tapi performa mengecewakan dan lewat masa garansi kita sudah membuang uang 5-6 juta. Tidak ada jeleknya melirik produk laptop seken yang berplatform perkasa seperti sonoma atau dothan, vga non share (ATI dan Nvidia), seri seperti thinkpad, pavillion atau protege dan lainnya.

Mungkin teman-teman perlu juga melakukan review pada situs-situs PC yang memuat profil laptop-laptop keluaran lama yang perkasa seiring berjalannya waktu. Jadi nggak usah terburu-buru membeli. Karena dalam jangka panjang, yang dibutuhkan dari laptop adalah performa dan daya tahannya, kesampingkan dulu persoalan tampilan dan harga. Karena anda akan membayar lebih banyak ketika ada komponen yang rusak. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Advertisements

4 responses to “Laptop Sekarang Kok Lemot?

  1. waduh, nggak bisa ngebedain 😀
    gaptek poll!! 😦

  2. ntar kami bantu, ngebdainnya mbak, gratis kok…hahah

  3. artikel yang menarik… jadi pada dasarnya jangan terpancing dan terpengaruh dari penampilan luarnya saja tapi lihat isi-nya juga ya apa yg tertanam di laptop tersebut.
    Saya juga pemerhati beberapa laptop khususnya yang baru-baru saat ini banyak sekali memang performa yang dikurangi seperti cache memori yang kurang memadai dan lain sebagainya bandingkan dengan performa laptop jaman2 dulu yang casing-nya sangat kokoh dengan yang saat ini yang keliatannya menarik tapi sangat rapuh dari sisi bahan plastik yang digunakan…

    Saya salah satu pencita laptop kelas lama seperti IBM Think Pad dan Toshiba Seri Portage

  4. Aq mau bli lptop yg agak murah,tp tahan gak lemot,kira2 apa merek & tipe nya,kalau buatan lokal gimana kyak Advan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s