Gempa Besar Berikutnya di Sumatra

Saya iseng-iseng nyasar ke http://www.sciencemag.org, karena penasaran melihat ada topik mengenai Sumatera, setelah saya baca ternyata ada hasil riset mengenai prediksi siklus gempa besar yang akan melanda Sumatera beberapa tahun kedepan. Cukup mengerikan bukan? Hidup-mati di tangan Tuhan, kita manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, mungkin dengan pengetahuan, tak ada salahnya sejak dini kita waspada akan apa yang bakal menimpa, namun bukan berarti panik.

Gugus Karang Koral di Section Mentawai

Gugus Karang Koral di Section Mentawai


Menurut laporan riset pada tanggal 12 desember 2008, vol.322. no. 5908, melalui Karang Koral dengan kumpulan “daun teh-nya”, para ilmuwan meramalkan dalam beberapa dekade kedepan, akan terjadi gempa bumi besar sepanjang paparan Sunda seperti yang menyebabkan bencana Tsunami Aceh 26 Desember 2004.

Kerry Sieh, yang sebelumnya di California Institute of Technology dan kini di Nanyang Technological University di Singapura, bersama koleganya menulis di The Journal Science, bahwa gempa tahun 2007 sepanjang jajaran selatan meregang dari paparan, hanya memperlihatkan awal, pecahan dari section 400 mil yang selama 2 abad masih tenang-tenang saja. Para ilmuwan menyebutnya section Mentawai, kayaknya bakal menjadi salah satu pecahan utama.

sebagai bukti, mereka menunjukkan pola pertumbuhan karang Coral di wilayah itu selama 7 abad terakhir, tiap siklus gempa 2 abad polanya sama. Saat gempa terjadi, dasar laut naik, dan menurunkan permukaan air laut begitu pula dengan karang coral yang dangkal kini muncul ke permukaan. Karang-karang itu tidak dapat tumbuh tinggi keatas, namun seharusnya tetap terbenam.

Para ilmuwan menemukan tanda-tanda pola pertumbuhan cepat ini, tiap 200 tahun kembali seperti abad ke 14, memperkirakan siklus gempa bumi. Namun tiap siklus terdiri dari beberapa kejadian besar selama 3 dekade atau lebih. jadi momen gempa september 2007 dengan magnitude 8.4, merupakan seri pertama dari patahan besar section Mentawai yang kemungkinan akan selesai beberapa dekade kedepan. waspadalah, waspadalah temand!!!

Advertisements

4 responses to “Gempa Besar Berikutnya di Sumatra

  1. O– gitu yah.
    Hah itu hanya riset toh..
    Kalo- emang jago, kenapa sunami di Aceh ngak tahu..
    Tapi is oke. Hasil Riset itu bisa membuat kita semakin cepat sadar. Dan mempersiapkan bekal, untuk hidup setelah kehancuran dunia ini.

    Hehehehe

  2. Gempa gak bisa di prediksi kan……

  3. Hari H gempa memang tak ada yg bisa prediksi, sama kayak org melahirkan, tapi kita hrs siaga menjelang kelahiran, apakah sistem peringatan dini berfungsi, tempat pengungsian sudah disediakan, Tim emergency bisa merespon cepat, mungkin itulah upaya manusia, kalau mencegahnya mustahil. Indonesia sudah cukup banyak belajar dari pengalaman, bahwa kita santai2 saja sebelum bencana, dan saat hari H, semua panik, korban berjatuhan dan pemerintah tidak tahu harus melakukan apa dan semua orang saling menyalahkan. Apa itu yang dinamakan takdir? cuma rame2 pasrah dan berdoa tapi tidak melakukan apa2, masih ingat pemeo bijak Melayu? “berpantang mati sebelum takdir”

  4. bro.. sori,,, belum sempat update di adobe… lagi hank ne… seperti kena gempa palakku bro….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s