ikan afrika butuh sedikit listrik untuk pacaran

Di sungai Congo di Afrika, ada satu spesies ikan yang dalam memilih pasangannya tergantung pada tegangan listrik. Berbanding tebalik dengan manusia, malah senang pacaran ditempat gelap yang gak ada listriknya, hahah. Betina dari spesies Campylomormyrus compressirostris, ikan yang memproduksi tegangan listrik kecil dari organ sekitar ekornya, bisa membedakan para jantan dari spesies mereka melalui “sidik jari listrik”. Para ilmuwan di universitas Postdam, Jerman melaporkan dalam jurnal biologinya, kemampuan para betina berfungsi sebagai benteng reproduktif yang penting untuk spesiasi, pembedaan spesies baru dengan spesies yang ada.

Ikan Genset

Ikan Genset


Campylomormyrus compressirostris dan beberapa spesies serupa menggunakan tegangan listrik untuk navigasi (mereka dapat mendeteksi bila medan listrik yang mereka ciptakan terganggu oleh kehadiran suatu objek) dan untuk komunikasi. Philine G.D. Feulner, di University of Sheffield Inggris bersama koleganya menguji apakah komunikasi meluas hingga ke pemilihan pacar. Mereka menemukan bahwa para betina memilih jantan dari spesies mereka secara konsisten memiliki sinyal elektrik yang mirip dengan mereka.

Penemuan ini akan membantu menjelaskan kenapa begitu banyak spesies yang terkait erat di sungai Congo. Untuk dua spesies yang terpencar sementara mereka hidup berdekatan, pasti ada benteng/penghalang yang memisahkan mereka. penghalang ini sering terlibat dalam pemilihan pasangan, mirip indera/sensor bagaimana tampang, suara atau bau si pasangan tersebut mempengaruhi pasangan lainnya. (sumber: http://www.newyorktimes.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s