Lupakan Komputer, Sambutlah Mentari

San Jose, California – T.J. Rodgers dikelilingi lautan wafer silikon di atap markas perusahaannya di taman industri silicon valley. bukanlah Mr. rodgers yang menemukan Cypress semiconductor di tahun 1982, yang digunakan untuk memori high-speed komputer, atau chip spesial baru yang dipasang ke iPod atau hi-end Mercedes-benz. Wafer-wafer ini menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik.

bisnis baru ramah lingkungan

bisnis baru ramah lingkungan



Di atas atap, dia sesekali membersihkan rumput kecil yang tumbuh diantara celah-celah panel dan berharap bisa menggunakan robot untuk menjaga permukaan kaca pada panel tetap kinclong. Tapi yang jelas bukan kayak membuat chip komputer dalam ruangan super steril.

“anda tidak perlu banyak campur tangan” katanya “cukup bersihkan saja, dan masalah beres”. Mr. Rodgers punya motivasi tinggi untuk mengawasi atapnya. Pertumbuhan perusahaannya segera bakal bergantung dari tenaga matahari, suatu subsidi kecil untuk mempekerjakan kotak enam inci persegi wafer silikon yang membuat solar-cell yang lebih efisien.

Kini, solar cell adalah substansi kecil dalam bisnis energi, dan tentu saja akan segera berkembang pesat, namun tanpa potensi seperti keuntungan berlipat dalam performa atau pemangkasan biaya seperti ciri khas dunia komputer.

Paradoksnya adalah Mr. Rodger (58 th) yang telah lama bermain di industri chip lembah silikon, banting stir dengan memotong lehernya karena pindah dari power dunia komputer ke pandangan sensitif tenaga surya.

Pada waktu berbarengan, dia mengawinkan teknologi komputer berbasis silikon (pembuatan chipset) dengan kemampuan menciptakan sel photoelectric yang lebih efektif dari bahan mentah yang sama. Memproduksi 35 juta wafer silikon membutuhkan lebih dari 700 ton silikon. Ledakan serentak dalam bisnis chipset komputer dan industri sel surya akan memicu permintaan global akan crystalline polysilicon, suatu material yang ditempa kemudian diiris menjadi wafer tipis untuk membuat chip silikon seukuran kuku atau wafer ukuran telapak tangan.

Mr. Rodger menemukan sebuah industri yang telah berkembang selama 30 tahun tapi baru sekarang menampakkan peluangnya. “baru sekarang ekornya kelihatan oleh anjingnya”. Di mata Wall Street, ekornya mulai beraksi. Cypress memiliki 85% saham Sun Power yang go public November. Nilai Cypress mendekati 2,5 milyar dolar, dengan stock trading 17,24 dolar. Kapitalisasi Sun Power sekitar 2,38 milyar dolar, sejak ditawarkan, stoknya meningkat dari 24,42 dolar hingga penutupan 44,07 dolar. (www.newyorktimes.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s